Belajar Mikrotik dengan Virtual Computer (VMware) bagian 1

Buat rekan-rekan yang ingin belajar Mikrotik namun tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai, bisa menggunakan sebuah software virtual computer seperti VMware. Sebenarnya banyak software-software virtual computer lainnya, karena saya sudah terbiasa dengan software ini, maka untuk saat ini kita gunakan VMware versi 5 sebagai bahan praktek.

Ide ini muncul dari sekian masukan teman-teman yang sering menanyakan bagaimana cara instalasi Mikrotik akan tetapi tidak mempunyai PC yang cukup dan tempat melakukan praktek. Karena paling tidak, kita memerlukan 2 PC dan 1 line isp untuk memastikan jalan tidaknya Mikrotik yang kita buat.

Dalam praktek ini, saya hanya menggunakan 1 PC Pentium 4 2,26 Ghz, ram 768 MB dan hardisk 20 GB. Sebagai koneksi ke internet, menggunakan HP CDMA HAIER 1200P dengan provider SMART.

Pertama-tama kita persiapkan dulu software VMware dan Mikrotik RouterOS (googling aja ya!!). Setelah proses instalasi Vmware selesai, kemudian buka Manage Virtual Networks yang ada di folder VMware. Pada bagian Summary akan terlihat ada Virtual Networks (VMnet0, VMnet1, VMnet8).


Buka pada bagian Host Virtual Network Mapping, dan set IP Address yang ada di VMnet8 supaya berfungsi sebagai NAT. Subnet memakai IP 192.168.100.0 dengan Netmask 255.255.255.0.



Setelah pengisian pada bagian HVNM, maka pada bagian IP NAT akan terisi otomatis  192.168.100.1



Waduuh udah ke maleman nih, tar disambung lagi okeehh..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

pertamax gan.. haha..

Posting Komentar