Akses Internet lewat Handphone

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bermain internet, salah satunya yang melalui HandPhone. Berikut ini merupakan pertanyaan yang sering muncul :
  1. sekarang saya kalau internet pake telkomnet instan tetapi ternyata mahal. sebaiknya mau beralih ke speedy(Rp. 120 ribu, 1 Giga) atau IM2 atau telkomflash (Rp100 ribu/bulan dan unlimited) yang kualitas koneksinya bagus dan murah, bagiamana nurut njenengan?
  2. Kalau internet via HP lebih baik kualitas koneksinya langsung dari HP atau HP dihubungkan ke laptop(HP sebagai modem)?
  3. Kalau untuk sekarang HP yang bagus koneksinya dan murah untuk internetan, dan bisa dihubungkan ke laptop apa ya?merk dan serinya?nokia 6120classic?
  4. Dengan spesifikasi apa HP yang bisa bagus koneksinya?
  5. Apa arti 3G atau HSDPA?
  6. Program Symbian itu untuk apa?apa sama dengan word office?
  7. Apakah fitur opera mini yang ada di HP sama dengan internet eksplorer yang ada di laptop?HP apa saja yang bisa download opera mini?(maaf aku download dari internet ke HP aja tidak bisa, wah kuper banget) 8. Kalau njenengan pake apa pak HP nya?

Mungkin pembaca bisa memberikan masukan pada teman saya tersebut, kalau kiranya jawaban saya dibawah ini tidak sesuai.

Berikut adalah jawaban saya :

  1. Koneksi internet itu khan pada dasarnya ada 2 macam koneksi yaitu dengan kabel dan tanpa kabel. Telkomnet Instan dan Telkom Speedy adalah contoh yang dengan kabel. Sedangkan akses internet yang melalui provider seluler (GSM dan CDMA) ini termasuk yang tanpa kabel. Tentunya antara yang dengan kabel dan tanpa kabel ada kelebihan dan kekuranganya, misalnya kalau penggunanya mobile (berpindah-pindah) tentu hanya bisa menggunakan yang tanpa kabel. Namun perlu diperhatikan bahwa kecepatan akses internet (upload dan download) sangat tergantung dari kapasitas dan banyaknya pengguna yang menggunakan koneksi terkait. Tapi biasanya kualitas (baca kecepatan akses internet) itu berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan, karena kalau murah, user akan berbondong-bondong kesitu, dan akhirnya kapasitasnya (kecepatanya) jadi menurun juga akhirnya. Kalau berinternet sekedar mencari informasi, saya menyarankan untuk menggunakan internet langsung dari HP menggunakan Opera mini, karena pulsanya jauh lebih murah daripada browsing biasa (karena hitunganya adalah per KB). Untuk tahu mana yang paling bagus saya kira bisa dicoba dengan mengganti SIM cardnya (saya kira kartu prabayar GSM sangat banyak dan murah, tinggal dicoba), karena biasanya kualitas sinyal sangat dipengaruhi posisi. Tetapi kalau boleh menyarakan kalau untuk kualitas lebih bagus pakai telkomsel (secara umum), tapi kalau murah pakai IM3 saja, tarifnya Cuma Rp 1/Kb.
  2. Kalau dari HP langsung itu kelebihanya sudah ada fitur kompresi (kalau pakai Opera Mini), sehingga data yang didownload lebih kecil daripada kalau dari PC, yang artinya kalau itungan pulsanya per KB, akan lebih murah dari HP. Kalau butuh tampilan yang lega, memang harus pakai Notebook, dan sebaiknya koneksi ke notebook menggunakan kabel data (kalau menggunakan Bluetooth atau Infa Red biasanya kurang setabil).
  3. Menurut Saya yang murah meriah dan cukup lengkap fiturnya ya Nokia 6120 Classic, karena layarnya sudah QVGA (320×240) sehingga cukup nyaman walaupun browsing dari HP langsung.
  4. Koneksi bagus sebenarnya tergantung dari banyak hal, diantaranya adalah sinyalnya…, biasanya di daerah, sinyal 3G/HSDPA kurang bagus, sehingga agak susah untuk dapat kecepatan yang bagus untuk internetan. Kalau sinyal nya dah bagus bisa 3G/3.5G maka devicenya juga harus mendukung. Untuk Nokia 6120 Classic sudah mendukung 3.5G
  5. GPRS, EDGE, 3G dan 3.5G (HSDPA) biasanya terkait dengan kecepatan transfer data. Kalau modem di PC atau notebook khan biasanya bisa 36 kbps atau 56 kbps, nah kalau 3G itu bisa sampai 384 kbps, artinya kecepatan maksimumnya adalah 384 kbps dan kalau 3.5G/HSDPA itu secara teori bisa sampai 3,6 Mbps (3600 kbps). Tapi kecepatan ini kembali lagi tergantung dari sinyal dari provider dan banyaknya user yang akses, semakin banyak semakin lambat. Jadi kalau mau tahu yang paling oke ya musti dicoba satu-per satu.
  6. Symbian itu Operating System di Mobile Device, kalau di PC kaya Windowsnya…, sedangkan MS Office adalah aplikasinya. Seperti di PC HP yang symbian bisa diinstall bermacam-macam aplikasi. Keunggulan HP ber OS Symbian adalah memungkinkan membuka aplikasi lebih dari satu (multitasking) sehingga misalnya kita sedang browsing dan ada SMS, kita bisa berpindah ke aplikasi untuk SMS tanpa harus menutup browser internetnya.
  7. Browser Opera Mini tentu tidak selengkap Internet Explorer di PC, tetapi setidaknya sebagian fitur-fiturnya sudah ada di Opera Mini. Untuk mendownload, HP kita harus sudah bisa internetan. Saya pakai Nokia 6120 Classic.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar