Browsing di PC dengan HP Nokia CDMA 6275i

Internet pada saat sekarang ini sudah menjadi hal yang sangat umum di kota-kota besar. Sebenarnya HP model sekarang sudah banyak yang mendukung untuk akses internet baik HP CDMA ataupun GSM. Tetapi karena keterbatasan HP maka kadang-kadang akses internet melalui HP sangat terbatas (keterbatasan screen, memory, aplikasi dll). Dari sinilah timbul ide untuk menggabungkan Notebook/PC dengan HP untuk koneksi internet. Jadi tidak perlu menggunakan CDMA Modem atau GSM Modem. Artinya modem yang dipakai adalah modem yang ada di HP tersebut. Koneksi yang dipakai biasanya dapat berupa kabel data, Infra Red atau Bluietooth.

HP Nokia 6275i adalah salah satu HP yang mendukung untuk di ‘pairing’ dengan notebook/PC, bisa menggunakan kabel data, IR atau Bluettoth. Kebetulan yang pernah saya coba adalah koneksi menggunakan bluetooth.

Untuk Koneksi menggunakan bluetooth, maka diperlukan Bluetooth Donggle (tentunya untuk notebook yang sudah builtin bluetooth, alat ini tidak diperlukan lagi). Setelah HP terkoneksi ke Notebook/PC via Bluetooth, maka sebenarnya kita bisa transfer file antar PC dan HP, bisa install aplikasi, dan PC/Notebook bisa memanfaatkan modem yang ada di HP tersebut untuk konek ke internet. Kita hanya akan membahas koneksi internet (menggunakan modem yang ada di HP) menggunakan HP CDMA.

Langkah-langkah :

Saya menggunakan Windows XP, HP Nokia 6275i dengan Telkom Flexi di dalamnya. Saya menggunakan bluetooth sebagai sarana untuk transfer data antara notebook dan HP. Setelah HP dan PC/Notebook terkoneksi maka hal yang kita lakukan adalah :

Add Connection : Start –> Program –> Control Panel –> Network Connection –> New Connection

1

2

3

4

5

6

7

8

9

Keterangan :

  1. Click Next
  2. Pilih Connect To Internet, click next
  3. Connect Using a dialup modem, click next
  4. Pilih jenis driver modem yang dipakai, dalam kasus ini saya menggunakan Standard Modem Over Bluetooth Link (perhatikan portnya, ini adalah port yang dipakai untuk koneksi ke HP, biasanya info ini ada setelah koneksi PC/Notebook ke HP sudah berhasil), click next
  5. Isi connection name yang kita kehendaki : misalnya Telkom Flexi (ini bebas), click next
  6. Isi nomor telpon yang dipakai untuk konek ke Internet. Untuk Flexi gunakan #777. Jika kita menghendaki konek ke internet melalui telkomnet@instan maka nomor ini diisi dengan 080989999
  7. Isi User name dan password :
    1. Untuk Telkom Flexi : User Name : Telkomnet@flexi, password : telkom
    2. Untuk Telkomnet Instan : User Name : Telkoment@instan, password : telkom
    3. Untuk provider lain bisa browse ke website masing-masing provider
  8. Tampilan untuk Connect ke Telkom Flexi
  9. Tampilan Browser IE Setelah connect dengan telkomflexi

Setelah Connection kita definisikan, selanjutnya kita tinggal buka browser (saya menggunakan Internet Explorer). Jangan lupa setting IE di Tools, Internet Option, Connection Pilih Connection yang kita buat tadi sebagai default connection.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar