Aplikasi Java untuk GPS di Nokia 6275i

Pengguna HP Nokia 6275 tentu sudah akrab dengan penggunaan GPS yang menggunakan aplikasi built-in GPS Info. Penggunaan GPS Info ini sudah saya bahas pada tulisan saya berjudul : Aplikasi GPS Info di Nokia 6275i.. Cukup bermanfaat walaupun dengan berbagai kekurangan antara lain adalah tidak bisa ditambahkan peta dalam aplikasi tersebut. Dari info berbagai forum dan hasil googling di Internet ternyata memang cukup banyak aplikasi GPS yang bisa diinstall di Nokia 6275. Untuk lebih jelasnya bisa mencarinya di http://www.getjar.com dan cari dengan keyword “GPS”, atau bisa langsung click Search GPS di GetJar.com

Secara garis besar aplikasi GPS J2ME disini ada dua macam yaitu dengan peta online dan dengan peta offline.

Peta Online

Yang dimaksud peta online disini adalah bahwa kita tidak perlu menginstall peta (map), karena aplikasinya langsung download dari sumber internet (biasanya dari Google Map atau Google Earth), sehingga pada saat GPS kita sudah aktif dan sudah berhasil menentukan posisi kita, aplikasi akan mendownload peta yang terkait dengan posisi itu.

  • Kelebihan : Kita tidak perlu pusing dengan pencarian peta, karena aplikasinya akan secara otomatis mendownload sesuai posisi kita saat itu.
  • Kelemahan : Peta nya (untuk peta Indonesia) biasanya tidak sedetail yang kita mau, HP kita harus bisa connect ke internet untuk bisa meload peta.

Salah satu aplikasi J2ME yang bisa menggunakan peta online adalah Mobile GMap yang bisa didownload di alamat http://www.getjar.com/products/6949/MobileGMaps.

Peta Offline

Yang dimaksud peta Offline adalah petanya kita simpan di dalam HP kita (bisa disimpan di memory card). Sehingga kita harus menyediakan file yang berisi peta dimana kita akan menggunakan GPS. Pembuatan peta juga punya aturan-aturan sendiri, perlu di kalibrasi sehingga posisinya sesuai dengan yang kita inginkan

  • Kelebihan : Detail peta sesuai yang kita inginkan, hemat pulsa karena tidak perlu konek ke internet
  • Kelemahan : Kita harus menyiapkan peta lokasi dimana GPS akan kita gunakan, dan proses penyiapan peta ini memakan waktu cukup lama (di Indonesia masih jarang sekali ada peta yang cukup lengkap yang bisa dipakai)

Salah satu contoh aplikasi yang bisa Offline Map adalah TrekBuddy http://www.trekbuddy.net.
Aplikasi TrekBuddy sebenarnya mirip dengan GPS Info (dan memang aplikasi GPS memang umumnya demikian) hanya disini TrekBuddy bisa menampilkan peta dan posisinya. Tetapi karena saya mencobanya belum menggunakan peta yang sesuai jadi petanya masih menggunakan peta standardnya TrekBuddy (Peta Dunia) sehingga posisinya seolah-olah memang tidak bergerak. Pembahasan mengenai penggunaan TrekBuddy bisa dibaca juga di http://www.navigasi.net

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 komentar:

Firmansyah Maulana SN mengatakan...

punya map buat n79 prung?

KumPrunG mengatakan...

wah ga punya eum.. lum smpet nyoba.. ga punya gejed na oge.. jd lum pernah ngetest..

Posting Komentar