Menggunakan TrekBuddy di Nokia 6275i

Seperti pada tulisan saya sebelumnya Aplikasi j2ME untuk mengoptimalkan penggunaan GPS Nokia 6275 , ternyata memang cukup banyak aplikasi GPS yang gratisan berbasis Java J2ME yang bisa diinstall di HP Nokia 6275, salah satunya adalah TrekBuddy yang bisa diunduh di alamat http://www.trekbuddy.net . Atau kalau langsung dari hp bisa diarahkan ke alamat http://linuxtechs.net/kruch/tb/releases/0.9.63/index.html dan pilih yang JAR. User guidenya bisa diunduh juga di User Guide Trek Buddy K750 atau di User Guide TrekBuddy. Tentang diskusi penggunaan TrekBuddy ini bisa juga dibaca di Forum TrekBuddy

Setelah aplikasi Trekbuddy.jar kita install di HP kita, disarankan untuk menginstall aplikasi di Memory Card, sehingga bisa install map dengan lebih leluasa. Buatlah folder-folder antara lain :
- maps untuk menyimpan peta yang dipakai
- resources untuk kustomisasi user interface
- sounds untuk suara saat mencapai waypoint
- tracks-nmea untuk nmea logs
- tracks-gpx untuk gpx logs
- ui-profiles untuk CMS screen themes
- wpts untuk menyimpan waypoints
Sebelum aplikasi dijalankan settinglah Application Accessnya, karena secara default Nokia 6275 tidak mengijinkan aplikasi Java untuk menulis ke dalam memory card. Caranya masuk ke Gallery dan masuk ke folder dimana TrekBuddy berada, pilih TrekBuddy –> Option –> Application Access –> Data Access –> Add and edit Data –> dan pilih Ask every time. Tujuannya adalah supaya aplikasi TrekBuddy bisa menuliskan log-log yang dibutuhkan ke memory card. Disini pilihan Always allowed grey, sehingga pilihan yang paling mungkin adalah Ask Every Time, yang artinya adalah system akan menanyakan/konfirmasi ketika TrekBuddy akan menuliskan sesuatu di Memory Card kita.
Secara Fungsi aplikasi GPS TrekBuddy mirip dengan aplikasi bawan GPS Info, kelebihan aplikasi TrekBuddy dengan aplikasi bawaan GPS Info antara lain :

  1. Penyimpanan Waypoint bisa disimpan di memory card sehingga lebih leluasa jika ingin di copy ke PC atau dicopy ke pengguna yang lain. Dan secara jumlah tentu lebih banyak waypoint yang bisa kita simpan (sementara di GPS Info hanya bisa menyimpan 100 waypoint). Format penympanan datanya dalam bentuk XML denganyang format lengkapnya bisa dibaca di standard format GPX
  2. Bisa diinstall peta yang kita inginkanm, sehingga kita bisa melihat secara visual posisi kitta, tapi peta Indonesia belumlah lengkap, sehingga kadang kita harus cari sana-sini atau bahkan membuat peta sendiri untuk posisi yang kita inginkan. Tentang pembuatan peta ini bisa dibaca di forum Creating Maps from Online Resources
  3. Ada fasilitas untuk mengirimkan Posisi kita (koordinat Longitude, Latitude) via SMS (SMS ‘I Am Here’). Dan bisa juga mengirimkan posisi tertentu via SMS (SMS ‘Meet You There’), misalnya janjian ketemu di lokasi tertentu

Saat TrekBuddy pertama kita buka ada konfirmasi untuk mengakses Memeory Cardnya, setelah itu secara default akan muncul peta Dunia. Untuk mengaktifkannya click tombol tengah navigation key dan pilih start, maka trekBuddy akan mencoba konect ke GPS. Apabila GPS aktif dan bisa menerima sinyal maka ada tanda linkaran kecil di kanan atas berwarna hijau, dan kalau tidak terkoneksi berwarna merah, sedangkan bisa posisinya sedang mencari sinyal satelitte warnanya kuning dengan huruf R didepannya.

Jika belum bisa konnect, coba check settingnya, tekan tombol tengah –> Pilih Setting –> Pilih Location Provider Internal, karena kita menggunakan GPS internal. Trek buddy memungkinkan terkoneksi dengan device GPS lain via Bluetooth. Pilihan-pilihan setting yang lain mungkin perlu dicoba-coba sendiri efeknya.

Sebaiknya sebelum menggunakan TrekBuddy ini, cek dulu dengan aplikasi GPS Info, apakah sinyal satelitte bisa ditangkap. Jika memang bisa baru coba pakai TrekBuddy.

Jika GPS aktif (bisa menangkap sinyal, maka akan tampak koordinat, dan kecepatan saat itu sekaligus menampilkan posisi kita saat itu di peta yang tersedia, lengkap dengan arah nya (mirip seperti di GPS Info).


(http://sofyanhadi.wordpress.com/2007/09/26/pengalaman-menggunakan-trekbuddy-di-nokia-6275-using-trekbuddy-on-nokia-6275i/)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar