TrekBuddy di Nokia 6275i

Salah satu keunggulan aplikasi TrekBuddy aplikasi dari GPS Info (aplikasi bawaan Nokia 6275) adalah kemampuan penggunaan peta dalam pemanfaatan aplikasi GPS Nokia 6275. Sayangnya peta untuk Indonesia memang belum tersedia, sehingga kita harus membuat peta yang sesuai dengan lokasi kita.

Untuk membuat peta yang sesuai dengan aplikasi TrekBuddy dan khususnya untuk HP Nokia 6275 kita membutuhkan tools diataranya OziExplorer (untuk mengkalibrasi peta) dan TB_Cutter (dipakai untuk memotong-motong peta sesuai dengan keinginan kita). OziExplorer bisa di diwnload di alamat http://www.oziexplorer3.com/eng/oziexplorer.html. Sedangkan Tb_Cutter bisa didownload di alamat http://www.volny.cz/duffa/tbcutter/tb_cutter.zip. Atau bisa juga didownload di TB Cutter.

Persiapan Pembuata Peta

Peta yang dipakai bisa saja dari peta hasil scan, atau aplikasi tertentu, atau bisa juga didownload dari internet di Google Map atau Yahoo Map. Yang perlu diperhatikan adalah peta yang kita pilih harus peta yang akurat, sebaiknya peta yang dihasilkan dari foto satelite, sehingga keakuratanya bisa terjamin. Untuk Peta Jakarta bisa menggunakan Peta Gunther, peta ini cukup akurat dipakai karena dalam peta itu sudah ada koordinat longitude dan latitudenya. Untuk Peta yang tidak mencantumkan koordinat longitude – latitude jangan kawatir karena ada tools seperti http://www.wikimapia.org di internet, dimana dengan aplikasi ini, kita bisa mengetahui posisi longitude latitude dari suatu tempat di seluruh dunia.

Kalibrasi Peta

OziExplorer_1.jpgSetelah gambar peta kita peroleh, langkah selanjutnya adalah melakukan kalibrasi terhadap peta tersebut. Untuk kalibrasi ini saya menggunakan program OziExplorer yang tersedia gratis (dengan feature-feature seadanya). OziExplorer versi gratis ini hanya mampu mengolah gambardengan format BMP, sehingga jika peta gambar anda dalam format yang lain(JPG, TIF, PDF dll) harus diconvert ke format BMP. Untuk mengconvert JPG ke BMP yang paling mudah adalah menggunakan Microsoft Photo Editor yang merupakan bagian dari aplikasi Microsoft Office.

OziExplorer_2.jpgSetelah file gambar Peta kita siapkan, langkah selanjutnya adalah buka aplikasi OziExplorer, dan pilih menu File –> Load and Calibrate Map Image, kemudian pilih file image yang akan kita kalibrasi (dalam format BMP). Satu lagi keterbatasan OziExplorer versi free adalah kita hanya bisa mengkalibrasi 2 titik di peta tersebut (hanya ada 2 titik yang bisa kita tentukan koordinatnya sebagai titik kalibrasi). Untuk hasil yang akurat sebaiknya 2 titik kalibrasi ini diletakkan masing-masing di ujung kiri atas (koordinat 0,0 dari gambar) dan ujung paling kanan bawah. Setelah image tampil, di sebelah kanan atas ada Tab untuk menentukan Point 1 dan Point 2 yang akan kita kalibrasi. Pilih salah satu (Point 1 misalnya) click pada gambar peta dimana kita akan melakukan kalibrasi (disarankan diujung kiri atas peta). Kemudian masukkan koordinatnya. Sample diatas adalah potongan peta dari Gunther dan koordinat ujung kiri atasnya seperti pada gambar. Kemudian pilih Point 2, titik ke dua yang kita kalibrasi dan masukkan koordinatnya. Setelah itu tinggal di SAVE, maka jadilah file kalibrasinya dalam format *.MAP. Sampai disini kita sudah memperoleh 1 gambar peta (image) dan 1 file kalibrasi *.MAP. File ini nantinya dipakai oleh program TB_Cutter untuk dipotong-potong sehingga sesuai dengan HP Nokia 6275.

Memotong-motong Peta dengan TB_CUTTER

TB_CUTTERSetelah proses kalibrasi selesai maka langkah selanjutnya adalah memotong-motong peta tersebut dalam ukuran yang sesuai dengan HP Nokia 6275i yang punya resolusi 320×240. Untuk proses ini digunakan program TB_CUTTER (silahkan download di link yang ada diatas). Caranya buka aplikasi TB_Cutter dan isi nama file gambar petanya (*.BMP) dan file kalibrasinya (*.MAP). Di proses ini kita harus memasukkan file imagenya, file kalibrasinya dan output directory nya (dimana hasil potongan peta disimpan). Isian Tiles Properties kita harus mengisikan ukuran peta hasil potongan, ukuran ini harus lebih besar atau sama dengan dari resolusi gadget yang kita gunakan. Saya memilih ukuran 480×640 agar nantinya HP Nokia 6275 tidak terlalu sering meload peta baru jika berpindah posisi, karena HP ini selalu konfirmasi jika akan membaca file di memory card, sehingga kalau terlalu kecil, nanti akan sering konfirmasi jika pindah posisi. Setelah semua kita isi, maka selanjutnya tinggal kita simpan, dan hasilnya dapat kita lihat di folder outputnya. Hasilnya adalah 1 file kalibrasi (*.MAP) dan directory namanya Set yang isinya image dalam format *.PNG yang sudah dipotong-potong sesuai setingan tadi. Sampai sini proses pembuatan peta selesai. Kita tinggal memasukkanya ke HP Nokia 6275i. Peta sebaiknya ditaruh dalam directory MAPS, dan masing-masing peta disimpan dalam folder tertentu, misalnya Jakarta, Jawa Bali dll.

Memasang Peta Di HP Nokia 6275

Peta Jakarta 2Setelah Peta kita copy ke Memory Cardnya HP, maka kita siap menggunakanya di aplikasi trekBuddy kita. Setelah masuk ke aplikasi TrekBuddy, tekan tombol tengah navigasi –> Pilih Load Map, Select file MAPnya sesuai dimana kita simpan. Disini HP akan minta konfirmasi beberapa kali (pilih yes-yes), juga konfirmasi apakah peta kita akan menjadi peta default TrekBuddy. Setelah itu kita test apakah peta kita sudah sesuai, yaitu dengan menggeser-geser pointernya dan membandingkan koordinat yang tampil. Untuk lebih akurat proses testnya, aktifkan GPSnya (tekan tombol navigasi tengah dan click Start), jika GPS Aktif dan posisinya tersedia dalam peta, maka secara otomatis TrekBuddy akan menampilkan potongan peta yang sesuai. Gambar disamping adalah contoh tampilan TrekBuddy dengan Peta Jakartanya.

Ada cara lain untu membuat peta TrekBuddy yaitu dengan mendownload langsung dari Google Map, silahkan kunjungi alamat http://gm2tb.awokenmind.de/?address=jakarta# .Tetapi karena Google MAP untuk Indonesia masih payah (tidak lengkap) ya akhirnya kurang bermanfaat. Kecuali kalau untuk peta-peta luar negeri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar